Selasa, 11 April 2017

Es Mambo Rasa Buah

Dr. Dirgantara Wicaksono M.Pd.

Rencana usaha yang ingin saya jalankan adalah membuat usaha rumahan yaitu es mambo rasa buah,
saya memilih Es Mambo karena saya ingin membuat Es yang sehat. Sebelumnya kesannya orang beranggapan bahwa Es Mambo itu bikin sakit, takut airnya tidak matang, takut memakai pemanis buatan. Jadi saya memutuskan membuat Es Mambo yang sehat dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan segar.
 Tokoh yang menjadi inspirasi saya adalah Orang Tua saya sendiri yang kebetulan mempunyai usaha (Warung yang menjual berbagai macam Es) yang dibuat secara manual, Bahan yang digunakan pun buah-buahan segar seperti Buah mangga, jeruk, sirsak, alpukat, dan buah naga. adapun proses pembuatannya yang pertama buah-buahan tersebut di blander, di campur air matang dan gulan pasir, kemudian dibungkus plastik ukuran 4,5 x 23 cm lalu di ikat.

Sari buah yang sudah di bungkus plastik di diamkan sekitar 5 menit kemudian dimasukan kedalam kulkas selama 5 Jam. lalu siap di pasarkan melalui warung-warung di sekitar rumah tinggal saya.
secara bisnis sangat menguntungkan bisnis Es Mambo memiliki prospek yang bagus secara ekonomi.



RINGKASAN


Dalam suatu pemasaran banyak sekali berbagai bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dan minuman berbahan dasar Es dari yang kecil hingga yang besar dan dari harga yang murah hingga  yang mahal.
Makanan dan minuman yang berbahan dasar Es ini memang sudah banyak sekali yang menjualnya, karena cara pembuatannya sangat sederhana dan baik dikonsumsi ketika siang hari maupun sore hari.


Es mambo merupakan produk olahan beku. Bahan dasar es mambo bisa menggunakan susu, bisa juga sari buah atau bahan lain sesuai selera. Prinsip dasar pengolahannya adalah formulasi, pencampuran bahan, pemanasan (pasteurisasi), pendinginan, pengemasan dan pembekuan.





Latar Belakang

Makanan dan minuman berbahan dasar Es ini, mungkin sudah banyak sekali yang menjualnya karena  cara pembuatan yang sederhana dan higienis begitu juga dengan harga yang terjangkau dan banyak pula masyarakat yang berminat untuk membelinya dengan rasa yang cukup enak,nikmat ,dan segar.



Oleh karena itu saya memilih jenis usaha yaitu Es Mambo/Lilin yang saya berinama Es.Malin Saribu mana lagi untuk saya jual karena masih jarang ditemui Es Mambo yang bahan bakunya benar-benar terbuat dari bahan-bahan alami. Saya ingin membuat trobosan baru Es Mambo plus buah-buahan segar dan yougert di dalamnya , saya ingin mengingat masyarakat bahwa agar image Es Mambo yang saya buat ini tidak bikin sakit, tidak mengandung bahan pengawet buattan karena  Es Mambo yang akan saya buat ini benar-benar dari bahan alami menggunakkan sari dari buah-buahan segar, menggunakan air matang , dan tanpa ada campuran bahan-bahan lainnya. Saya berharap masyarakat banyak yang suka atau banyak yang berminat untuk mengkonsumsinya.




           Perumusan Masalah
Usaha ini akan lebih menjanjikan kedepannya apalagi banyak di kalang anak-anak SD dan Mahasiswa penikmat Es dengan varian-varian baru. Namun disisi lain, usaha ini memiliki  kendala yaitu lama pembuatan produksinya dan terkendala modal usaha karena masih usaha rumahan.
            Manfaat
Bagi teman-teman di kalang anak muda dan mahasiswa yang menjalankan, usaha ini akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan, kreatifitas dan peluang mendapatkan hasil usaha yang menjanjikan. Bagi institusi.

 

Keunikan produk

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Es Mambo  ini masih belum banyak dijumpai, peluang usaha ini untuk terus maju dan berkembang terbuka lebar. Apalagi dengan tambahan buah segar,yougert, jelly  dan harganya yang terjangkau. Usaha Es Malin Saribu Manalagi ini memiliki beberapa keunggulan antara lain :



                               

             
                            
                          


a.  Varian perpaduan rasa Es Malin Saribu Manalagi dengan sari buah pilihan , seperti buah naga dengan jambu dan buah-buahan lainnya.

b.  Varian isi dari Es Malin Saribu Manalagi bisa ditambah kan berbagai macam potongan buah, tambahan yougert, dan jelly.

Gambar 1.3 Es Malin Popsicle dengan toping potongan buah segar.

c.   Sehat untuk dikonsumsi oleh kalangan masyarakat dan cocok untuk teman-teman yang sedang menjalankan program diet.

d.  Es dengan bentuk yang unik

e.  Proses produksi yang higenis

                                          

2.3       Menganalisis potensi pasar

Dalam menjalankan usaha ini saya harus mengetahui potensi pasar yang dijalani agar usaha Es Mambo yang saya jalani ini dapat diterima oleh semua kalangan masyarakat konsumen, Baik itu dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa.

2.3       Menentukan objek pasar

Dalam usaha ini saya harus menentukan objek pasar dengan strategi yang mudah dijangkau masyarakat atau konsumen.

2.4       Menetapkan target / sasaran pasar

Dalam menjalankan usaha saya harus menetapkan target / sasaran  pasar usaha dengan cara melihat perbedaan dari sergi harga, rasa, manfaat kesehatan, agar produk saya dapat lebih mudah dijangkau oleh pembeli dalam  membelinya.



Analisi Usaha

Analisi Swot

Setiap kegiatan untuk memulai usaha saya harus mengukur kemampuan saya terhadap lingkungan  atau pesaing,yaitu melalui analisis SWOT:

1.   Strenght (kekuatan), Kekuatan produk ini :
a.  Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
b.   Bahan Produk yang terjamin dan higienis


2.   Weaknes (kelemahan), Kelemahan dari produk ini :
a.  Tidak tahan lama
b.  Produknya mudah di tiru


     3. Opportunity (peluang), Peluangnya ialah :
a.    Tempat strategis
b.    Fasilitas yang cukup memadai



4.   Threat (ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga  yang tidak terlalu mahal dengan menggunakan bahan baku instan atau sasetan contohnya seperti rasa buah dari jenis minuman sasetan.




Pengamatan Lingkungan

Sebagai awal dari pendirian suatu usaha, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan pengamatan lansung terhadap lingkungan sekitar kita. Tujuan dari dilakukannya pengamatan lingkungan sekitar adalah untuk mencari peluang usaha yang nanti bisa berkernbang dengan baik ke depannya. Dari hasil pengamatan di lingkungan sekitar didapatkan bahwa masyarakat di lingkungan sekitar khusunya di lingkungan kawasan sekolah atau kampus dan lingkungan yang lain apalagi yang menyukai Es yang sehat dan unik ini. Oleh karena itu, saya membuat Es Malin Saribu Manalagi sebagai suatu usaha makanan yang unik dan enak tentunya.

 Pembuatan Planning Usaha
Langkah selanjutnya setelah mendapatkan ide usaha utnuk mendirikan suatu usaha adalah membuat planning usaha. Di dalam planning usaha dijelaskan latar belakang usaha, jenis usaha, lokasi usaha, strategi pemasaran, jadwal kegiatan, sumber dana, estimasi biaya yang diperlukan, penerimaan dan keuntungan yang didapatkan. Di samping itu, juga dicantumkan analisa kelayakan usaha yang akan saya jalankan.

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang saya lakukan adalah sebagai berikut :
1.   Membuat dengan berbagai varian rasa es mambo dan ditambahkan berbagai macam potongan buah + yougert atau jelly, hal ini dimaksudkan untuk memberikan keingin konsumen untuk memilih es yang mereka suka.
2.   Menjual produk dengan harga yang terjangkau dikalangan masyarakat.
3.   Memberikan penguatan dengan keunggulan dan keunikan produk
4.   Memasarkan produk via media sosial dan berbagai sosial media serta langsung menawarkan produk kepada orang-orang terdekat atau teman di kampus.

  Persiapan Usaha
Persiapan usaha yang dimaksud di sini adalah mempersiapkan segala peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai usaha Es Malin Saribu Manalagi ini, termasuk di dalamnya adalah bagaimana merancang media promosi yang akan saya gunakan.

  Memulai Usaha
Setelah semua persiapan di atas dilakukan dengan baik, barulah usaha Es Malin Sarbu Mana lagi ini bisa dimulai.




Rancangan biaya dan Rencana ke depan


4.1 Kebutuhan modal usaha / kerja
1.     Modal kerja yang dibutuhkan sebesar             Rp. 100,000
                        Sumber modal ;
a.       Asal modal
Uang tunai                                                               Rp. 150,000


b.      Pengeluaran dana
Bahan baku
a.     1 kg Mangga                  = Rp. 20,000
b.     1 kg Jambu                     = Rp. 10,000
c.      1 kg Alpukat                  = Rp. 15,000
d.     1 kg Buah naga              = Rp. 15,000
e.      1 Pack kecil strauberry  = Rp. 15,000
f.       Plastik 1 kantong           = Rp.   5,000
g.     1 kg Gula pasir              = Rp. 14,000
h.     2 Cetakkan es                = Rp. 15,000

Jumlah                           =                                    Rp. 109,000
         
c.       Cadangan                                                                                Rp.    41,000


2.     Proyeksi laba/rugi
-              Keuntungan perhari

1 hari terjual 50 bungkus atau per cup
50 x 4000                                                            Rp. 200,000

-             Keuntungan perbulan
50 x 30 hari                                                                   Rp. 1,500,000

-             Keuntungan pertahun
1,500,000 x 12 bulan                                           Rp. 18,000,000





-         Keuntungan 5 tahun kedepan
 = Keuntungan pertahun x 5                                       = Rp. 90,000,00



      Rencana ke depan

Rencana ke depan saya semoga produk saya ke depannya akan lebih maju lagi dan ingin memilik toko bejalan atau yang biasa disebut foodcar yang dapat menyambangi langsung ke sekolah-sekolah atau kampus yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Dan selain menjadi seorang guru saya juga ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, bisa membanggakan kedua orang tua dan dapat memberikan penyuluhan peluang usaha yang baik dan memotivasi teman-teman untuk memulai usaha dari usia muda.



 


INSTAGRAM : esmalin.manalagi
Muhammad Ryan Azhari
ASD 4

















Saat itu dipikiran kami, selain memanfaatkan yang ada, kami memilih Es Mambo karena kami ingin membuat Es yang sehat. Sebelumnya kesannya Es Mambo itu bikin sakit, takut airnya ga mateng lah, takut pemanisnya buatan lah, dsb. Jadi kami putuskan membuat Es Mambo yang sehat meskipun jadinya harga lebih mahal.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/rizkylux/wow-manisnya-hitungan-usaha-es-mambo_551f836fa33311c930b66acc
Saat itu dipikiran kami, selain memanfaatkan yang ada, kami memilih Es Mambo karena kami ingin membuat Es yang sehat. Sebelumnya kesannya Es Mambo itu bikin sakit, takut airnya ga mateng lah, takut pemanisnya buatan lah, dsb. Jadi kami putuskan membuat Es Mambo yang sehat meskipun jadinya harga lebih mahal.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/rizkylux/wow-manisnya-hitungan-usaha-es-mambo_551f836fa33311c930b66acc

1 komentar:

  1. Betting Guide: How to Make the Best of Your Gambling Career
    The most authoritative 온라인바카라 resource for the Gambling Industry, we provide expert 먹튀 랭크 guides 샌즈 바카라 covering casino, poker, 바카라양빵 blackjack, 텐벳먹튀 video poker, roulette,

    BalasHapus