Rabu, 15 Maret 2017




Nama   : Muhammad Ryan Azhari
Kelas   : ASD 4
Prodi   : PGSD/FIP-UMJ
NIM    : 2015820023




BUDIDAYA TANAMAN HYDROPONIK (ORGANIK)



Sistem instalasi Hydroponik pola zig-zag


Hydroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuh kebutuhan nutrisi bagi tanaman, kebutuhan air pada tanaman Hydroponik lebih sedikit dari pada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Budidaya Tanaman Hydroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Bididaya Tanaman Hydroponik ini banyak sekali manfaatnya, yaitu:
  • Dapat mengurangi penggunaan pestisida kimiawi pada tanaman dan dapat meningkatkan nilai tambah proses dan produksi perkebunan yang mengaruh pada sistem Budidaya Tanaman Hydroponik.
  • Memasyarakatkan sistem perkebunan ramah lingkungan terpadu melalui penggunaak pupuk organik.
  • Menyiapkan produk dan teknologi produksi ramah lingkungan berbahan baku lokal dalam rangka meningkatkan Budidaya Tanaman Hydroponik.

Berwirausaha : Usaha yang akan saya inginkan nanti adalah ingin memiliki sebuah Perkebunan (budidaya) Tanaman Hydroponik (organik), Kedepannya selain menjadi seorang Guru saya ingin berwirausaha di bidang Perkebunan. Perkebunan yang akan saya buat adalah Budidaya Tanaman Hydroponik karena tidak memerlukan lahan yang luas , Selain itu kita dapat memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah untuk Budidaya Tanaman Hydroponik.


Tren Budidaya Tanaman Hydroponik semakin digemari masyarakat, terutama di wilayah perkotaan, karena semakin menyempitnya lahan pertanian yang ada di perkotaan.


Motivasi saya dalam mengembangkan usaha di bidang Perkebunan atau Budidaya Tanaman Hydroponik nantinya adalah untuk menambah penghasilan dan menyalurkan hoby.

Inspirasi saya ingin memiliki usaha Budididaya Tanaman Hydroponik adalah Evita Putri beliau adalah seorang pengusaha sukses Tanaman Hydroponik yang berasal dari Magetan,Jawa Timur. Dan juga sekaligus pemilik toko Tanaman Hydroponik Pelangi Flora yang didirikannya sejak tahun 2012. Evita juga menjual berbagai macam bibit tanaman Hydroponik, peralatan, dan media tanamanya.


 Evita menjual Tanaman Hydroponiknya dan perlengkapannya sebesar Rp. 5.000 - Rp. 40.000 per item, dan ia bisa menjual lebih dari 500 tanaman per bulan, sebagian besar pelanggannya berasal dari luar Magetan seperti Jakarta, Surabaya, Bali. Dari bisnis Tanaman Hydroponik ini Evita bisa meraup omzet sebesar 40 juta per bulannya.

Tanaman Hydroponik yang paling diburu masyarakat biasanya adalah sayuran dan buah-buahan (kangkung, bayam, cabai, timun,kol, tomat, dan selada).

Jadi kita tidak harus takut gagal, terus mencoba dan berusaha agar mendapatkan hasil yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar